Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan dan Rambut

teh-hijau

Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan dan Rambut Teh hijau matcha memiliki banyak manfaat untuk kesehatan Anda. Saking baiknya, sejumlah pakar diet selebritis dan ahli gizi merekomendasikan teh hijau dikonsumsi tiap pagi.

Teh hijau atau populer disebut matcha memiliki beragam manfaat baik bagi kesehatan. Bahkan, minuman ini disebut jauh lebih baik daripada teh atau kopi biasa.

Dikutip dari Dailymail, Rabu (7/9/2016), teh matcha merupakan tipe teh hijau bubuk. Teh ini merupakan kreasi Jepang dan disebut-sebut sebagai minuman upacara terbaik. Adapun teh hijau dan teh hitam biasa termasuk dalam rumpun yang sama, yakni camellia.

Mayoritas teh hijau dibuat dari penguapan daun camellia. Namun pembuatan matcha terbilang lebih rumit.

Daunnya pun adalah yang terpilih, hanya daun teh muda. Setelah dipetik, daun-daun itu dijemur di bawah matahari yang tak terlalu panas. Tujuannya menjaga klorofil dan nutrisi lain, termasuk asam amino L-theanine. Kemudian, daun ini diuap hingga menjadi lembut dan kering baru ditumbuk menjadi halus. Lalu apa saja manfaatnya?

Tidak banyak yang tahu kalau teh hijau dapat memberikan rasa kenyang dalam perut serta mampu menekan rasa lapar. Karena alasan inilah, teh hijau sangat efektif sebagai agen penurun berat badan. Bahkan dengan mengonsumsi teh hijau hangat secangkir, Anda akan bisa menahan lapar hingga 30 sampai 40 menit ke depan. Berikut beberapa aturan yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan dengan teh hijau

Pertama, ganti kebiasaan ngopi dengan teh hijau
Kopi memang memiliki manfaat yang cukup baik untuk jantung. Akan tetapi, jika dibandingkan dengan teh hijau, kopi ada di bawahnya. Ya, teh hijau lebih baik untuk kesehatan jantung Anda. Dia membantu memompa darah menuju jantung dan memberikan energi yang cukup untuk membakar kalori.
Kedua, minum bersama makanan
Rule kedua dalam cara menurunkan berat badan cepat adalah dengan mengonsumsi teh hijau sepanjang hari utamanya saat hendak makan dan atau di antara waktu makan.
Ketiga, perbanyak minum
Semakin banyak Anda minum teh hijau, maka semakin optimal hasil yang akan Anda dapatkan. Anda bisa mengonsumsi teh hijau saat jelang makan siang, sehingga saat makan siang porsi Anda bisa mengecil. Kemudian, minum lagi teh hijau setelah makan siang, untuk membakar lemak yang telah dikonsumsi tubuh.
Keempat, menghilangkan kelebihan air dalam tubuh
Selanjutnya, mengonsumsi teh hijau di siang hari akan membantu Anda untuk menghilangkan kelebihan air dalam tubuh. Manfaat diuretik dalam teh hijaulah yang akan menunjukkan hal ini.

1. Penyegar wajah

Tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk menyegarkan kulit wajah Anda. Seduh saja daun teh hijau dan biarkan dingin dalam suhu ruang selama beberapa jam.

Ambil botol spray dan isi dengan teh hijau yang telah dingin dan disaring. Semprotkan pada wajah kapan pun Anda perlu menyegarkan wajah dengan cairan yang mengandung sedikit antioksidan.

2. Perawatan gigi

Studi 2009 yang dilakukan oleh Kyushu University di Jepang dan dipublikasikan dalam Journal of Periodontology menemukan, individu yang rutin menyesap teh hijau memiliki gusi serta gigi yang lebih sehat dibandingkan mereka yang tidak melakukan hal itu.

Sebagai tambahan, selain mengonsumsi secangkir teh hijau setiap hari, mencampur daun teh dengan baking soda menjadi pasta gigi juga bisa membantu merawat gigi.

Atau Anda bisa membuat cairan pencuci mulut (mouthwash) sendiri dengan menyeduh satu kantung teh–rasa peppermint akan lebih baik–dengan secangkir air panas, biarkan dingin dan gunakan untuk berkumur.

3. Kompres mata

Kelelahan karena banyaknya aktivitas sehari-hari akan dengan mudah tampak di wajah Anda, terutama di bagian mata. Keluhan mata sembap seperti ini bisa diatasi dengan mengompres mata menggunakan kantung teh yang telah direndam dalam air dingin.

Anda bisa mengompres mata dengan teh selama 15 hingga 20 menit. Kafein dalam teh akan meredakan mata sembap.