Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan Ibu

manfaat daun pepaya

manfaat daun pepaya

Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan Ibu – Daun pepaya sering digunakan sebagai pengempuk daging karena mengandung enzim papain. Di dalam tubuh manusia, enzim ini dapat membuat makanan yang berada di saluran pencernaan menjadi lebih lembut, sehingga pengeluaran feses menjadi lebih mudah dan menghindari terjadinya ambeien. Enzim papain dan serat kasar yang tinggi dalam daun pepaya juga berfungsi mencegah konstipasi dan kanker perut.

Kalsium cukup tinggi pada daun pepaya sangat baik untuk pengobatan encok, rematik, arthritis, dan penyakit tulang lainnya. Daun pepaya juga bermanfaat untuk mengurangi lemak dalam darah(kolesterol), diabetes, mencegah anemia, meningkatkan nafsu makan, dan antikanker. Seperti sayuran lainnya, daun pepaya juga banyak mengandung vitamin A dan vitamin C.

Berdasarkan sebuah penelitian, daun pepaya mengandung Tocophenol 35 mg dalam setiap 100 mg. Sedangkan pada daun pepaya yang masih muda terkandung enzim papain. Enzim ini biasanya identik dengan getah berwarna putih kental yang berfungsi untuk memecah protein, karena bersifat proteolithik. Sedangkan pada daun pepaya tua mengdung senyawa fenolik. Namun secara umum daun pepaya mengandung papain 10 %, khimoprotein 45 %, dan lisozim 20 %. Enzim khimoprotein akan berdungsi sebagai katalisator dalam reaksi hidrolisis antara protein dan poplipetida. Sedangkan enzim lisizim merupakan zat antibakteri yang bekerja dengan cara memecah dinding sel bakteri. Sementara itu, rasa pahit daun pepaya disebabkan oleh kandungan alkaloid karpain yang sangat efektif digunakan untuk menurunkan demam, mereduksi tekanan darah, dan membunuh mikroba seperti amuba.

Dengan kandungan zatnya yang begitu banyak, tentunya manfaatnya pun banyak pula.

Sebagai penambah nafsu makan. Bagi anak yang susah makan dapat diatasi dengan ramuan daun pepaya. Tumbuk daun pepaya kemudian disaring, ambil airnya. Air inilah yang dapat digunakan sebagai obat penambah nafsu makan.

Manfaat daun pepaya untuk ibu hamil melancarkan Air Susu Ibu. Bagi ibu yang sedang menyusui, daun pepaya dapat melancarkan ASI. Caranya adalah menggunakan lima lembar daun pepaya yang diletakkan di atas api hingga layu, kemudian tempelkan pada bagian payudara, kecuali pada puting saat masih hangat.
Kandungan Nutrisi atau Gizi Pada Daun Pepaya :
Banyaknya Daun Pepaya yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Daun Pepaya yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 71 %
Kandungan Energi Daun Pepaya = 79 kkal
Kandungan Protein Daun Pepaya = 8 gr
Kandungan Lemak Daun Pepaya = 2 gr
Kandungan Karbohidrat Daun Pepaya = 11,9 gr
Kandungan Kalsium Daun Pepaya = 353 mg
Kandungan Fosfor Daun Pepaya = 63 mg
Kandungan Zat Besi Daun Pepaya = 1 mg
Kandungan Vitamin A Daun Pepaya = 18250 IU
Kandungan Vitamin B1 Daun Pepaya = 0,15 mg
Kandungan Vitamin C Daun Pepaya = 140 mg
Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan
Melancarkan buang air besar

Manfaat yang pertama merupakan sebagai sayuran yang dapat memperlancar buang air besar. Daun pepaya adalah salah satu jenis dedaunan yang kaya akan kandungan karpain. Karpain inilah yang kemudian akan membunuh semua mikroorganisme dalam sistem pencernaan yang dianggapnya sebagai parasit di dalam perut. Dengan begitu, sistem pencernaan manusia akan menjadi lebih baik dan terhindar dari diare maupun sembelit.