Manfaat Buah Naga Merah Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Buah naga merah merupakan buah dari keluarga kaktus dengan nama latinnya ialah Hylocereus polyrhizus. Buah ini berasal dari Meksiko,Amerika Tengah yang menyebar ke hampir seluruh Asia Tenggara. Negara Asia Tenggara yang berhasil membudidayakan buah naga seperti: Filipina, Malaysia, Indonesia, dan Vietnam. Negara – negara tersebut berhasil mengekspor buah naga merah ke wilayah negara Asia Timur hingga sampai Benua Eropa.

manfaat buah naga merah

manfaat buah naga merah

Buah naga merah sebagai salah satu buah yang memiliki banyak manfaat untuk membantu mengatasi dan membantu menyembuhkan berbagai penyakit. Buah naga kini telah banyak ditemukan tetapi tidak banyak orang memahami semua sifat-sifat yang ada pada buah naga. Secara umum, buah naga dikonsumsi dalam bentuk buah segar yang dapat menghilangkan rasa haus, karena kadar air buah naga sangat tinggi sekitar 90%. Buah naga memiliki bentuk yang unik sehingga menyoroti fitur dari manfaat penuh dari buah ini.

Menurut penelitian Study dan Para Ahli, manfaat buah naga sangat banyak, karena kandungan nutrisi dalam buah naga cukup lengkap. Berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan dari buah naga untuk ibu hamil.

Bermanfaat menurunkan berat badan (diet).
Untuk anda yang sedang melakukan program diet maka anda perlu mencoba mengkonsumsi buah naga ini. Buah naga adalah salah satu buah yang cocok dalam program diet. Dalam program diet untuk menurunkan berat badan maka anda perlu mengkonsumsi makanan kaya sera dan rendah kalori sehingga perut tidak semakin gemuk. Nah kabar baiknya buah Naga mempunyai kandungan serat yang tinggi serta mengandung air yang akan bermanfaat bagi sistem pencernaan.

Sebagai antioksidan dan baik digunakan sebagai detox.
Dengan antioksidan didalam buah naga akan dapat mencegah dari ancaman radikal bebas.

Mencegah kanker.
Kaya akan antioksidan phytoalbumin, buah naga mampu melindungi kita dari radikal bebas.

Mencegah penyakit diabetes melitus.
Buah naga punya kadar gula yang sedikit dan mampu melawan sel jahat sehingga direkomendasikan dalam mencegah penyakit diabetes melitus.

1. Membantu Pembentukan Sel Darah Merah
Pembentukan sel-sel darah merah dilakukan tubuh melalui asupan zat besi. Buah naga adalah buah yang mengandung banyak zat besi. Dalam 100 gram buah naga mengandung sekitar 0,55 zat besi. Zat besi ini akan diubah menjadi sel-sel darah merah, sehingga sangat bermanfaat bagi ibu hamil yang cenderung mengalami Anemia. Selain bermanfaat bagi ibu hamil, buah naga juga sangat bermanfaat bagi janin dalam kandungan. Hal ini karena janin membutuhkan oksigen dan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan, sel-sel darah merah memiliki peran penting dalam proses ini.

2. Mengandung Karbohidrat
Karbohidrat adalah kebutuhan untuk berada di memadai oleh wanita hamil. Salah satu manfaat kesehatan dari buah naga bagi ibu hamil adalah untuk memberikan asupan yang tepat dari karbohidrat bagi tubuh. Dalam 1000 gram buah naga mengandung 9 sampai 14 gram karbohidrat. Sementara wanita hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi minimal 135 gram karbohidrat per hari. Karbohidrat adalah sumber utama energi bagi wanita hamil.

3. Mengandung Folat
Selain karbohidrat, bahan atau kandungan penting dalam buah naga adalah folat. Folat juga merupakan salah satu zat yang dibutuhkan olah ibu hamil. Diantara fungsi folat untuk ibu hamil adalah untuk membentuk sel darah merah dan menghindari bayi dari cacat tabung saraf. Dengan demikian kecukupan folat untuk ibu hamil sangat penting.

4. Kaya Serat
Buah yang kaya serat adalah buah-buahan penting bagi ibu hamil. Selama kehamilan, masalah pencernaan seperti sembelit sering terjadi. Buah naga merupakan salah satu buah dengan banyak kandungan serat, sehingga cocok untuk ibu hamil. Dalam satu porsi buah naga, diperkirakan mengandung 0,3 sampai 0,9 serat. Ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi 28 gram serat per hari.

Baca juga : Cara membersihkan karang gigi