Cara Mengobati Radang Tenggorokan dan Batuk

cara mengobati radang tenggorokan

radangcara mengobati radang tenggorokan

Cara Mengobati Radang Tenggorokan dengan Cepat. Radang tenggorokan dapat menyerang siapa saja, baik orang dewasa, remaja, ataupun anak-anak. Penyebab umum radang tenggorokan adalah virus pada tenggorokan ataupun bakteri yang ditularkan melalui udara pada saat batuk atau bersin. Atau penularannya bisa juga melalui makanan dan minuman serta barang-barang yang telah terinfeksi bakteri ini.

Seseorang yang sedang mengalami gejala flu seperti batuk dan bersin-bersin sebaiknya menggunakan masker agar tidak menulari orang lain. Tentu radang tenggorokan sangat mengganggu aktivitas anda, jangankan untuk berteriak atau bernyanyi. Untuk bicara atau menelan makanan saja tenggorokan rasanya sudah begitu sakit.

Radang tenggorokan mempunyai fase-fase, dimana pada setiap fasenya terdapat gejala-gejala. Berikut ini adalah fase-fase pada radang tenggorokan beserta gejalanya serta cara mengobati radang tenggorokan dan batuk.

Fase Akut
Fase ini terjadi kurang dari 2 minggu setelah terjadinya radang tenggorokan. Fase ini ditandai dengan cairan dari tenggorokan yang berwarna bening, ini dikarenakan virus. Anda dapat mencoba membuka mulut dan mengecek bagian tenggorokan dengan bantuan senter. Dan bila anda melihat warna kemerahan pada tenggorokan atau adanya benjolan kemerahan maka dipastikan anda terkena radang tenggorokan. Gejala pada fase ini adalah demam, sakit tenggorokan, serta pembesaran kelenjar getah bening pada bagian leher.

Fase Subkronik
Fase ini terjadi dari 2 minggu hingga 3 bulan. Pada fase ini akan timbul bercak-bercak pada tenggorokan anda dan timbul warna merah muda. Tenggorokan anda juga akan terlihat membengkak dan cairan tenggorokan akan berwarna keruh.

Fase Kronik
Fase ini adalah fase terakhir dari radang tenggorokan, fase ini terjadi lebih dari 3 bulan sejak anda menderita anda menderita radang tenggorokan. Pada afse ini anda tidak lagi merasakan nyeri saat menelan. Gejala pada fase ini lebih ringan, seperti batuk, gatal pada tenggorokan, tenggorokan kering, dan lendir drai tenggorokan sulit dikeluarkan. Feringitis kronis dapat ditemukan sebagai kelainan pada faring, sebagai akibat dari adanya infeksi saluran pernafasan atas.

Setelah anda mengetahui fase-fase pada radang tenggorokan berikut gejalanya, anda perlu mengetahui bagaimana cara mengobati sakit tenggorokan dengan cepat. Berikut ini adalah cara mengatasi radang tenggorokan:

Berkumur dengan Air Garam
Air garam efektif untuk melegakan sakit tenggorokan dan menghilangkan panas dalam. Garam juga berfungsi sebagai antiseptik, yang dapat membersihkan lendir di tenggorokan dan menghilangkan rasa sakitnya. Berkumurlah dengan air hangat yang sudah dicampurkan dengan setengah sendok teh garam. Berkumurlah 3 kali dalam sehari, setelah anda berkumur, minum lagi air garam yang baru.

Madu dan Lemon
Madu mempunyai kemampuan anti bakterual yang mebantu proses pengobatan radang tenggorokan. Lemon juga efektif untuk mengobati sakit tenggorokan. Anda dapat mengkombinasikan madu dan lemon untuk mengatasi radang tenggorokan dan batuk.

Teh Jahe
Jahe mengandung zingiberin yang dapat membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah. Jahe juga bersifat anti inflamasi yang dapapt membunuh bakteri jahat dalam tubuh. Campurkan beberapa irisan jahe dalam secangkit teh hangat. Lalu minumlah teh jahe ini untuk mengatasi radang tenggorokan.

Jus Buah Belimbing
Bila anak anda terkena radang tenggorokan, cobalah buat jus belimbing dari 100 gram belimbing manis. Minumkan jus ini pada anak anda yang sednag terkena radang tenggorokan. Jus ini pasti disukai anak-anak karena rasanya tidak pahit.