5 Cara Aman Mengusir Nyamuk Secara Alami

Cara mengusir nyamuk – Pastinya rumah kita tidak pernah jauh dari hewan ini. Hewan penghisap darah ini sangatlah berbahaya untuk kesehatan kita. Pasalnya beberapa jenis nyamuk dapat menularkan penyakit berbahaya. Seperti nyamuk aedes betina yang menularkan penyakit demam berdarah. Ada juga nyamuk anopheles yang menyebabkan penyakit malaria. jenis nyamuk yang berbahaya adalah jenis betina. Sudah banyak sekali kasus demam berdarah yang bahkan beberapa kasus terbaru menjadi kasus serius. Ada beberapa cara mengusir nyamuk yang biasa kita lakukan, seperti menggunakan obat nyamuk bakar, obat nyamuk semprot atau lotion. Namun sayangnya obat nyamuk jenis ini ternyata berbahaya untuk kesehatan karena mengandung zat berbahaya. Lalu bagaimana cara mengusir nyamuk yang aman ?.

cara-mengusir-nyamuk

1. Zodia. Anda bisa menata tanaman Zodia (Euodia Suaveolens) dalam pot dan menempatkannya pada teras dan sudut-sudut ruang dalam rumah. Tanaman yang berasal dari Papua ini memiliki daun pipih panjang berwarna hijau kekuningan. Zat evodiamine dan rutaecarpine yang terkandung tanaman ini tidak disukai nyamuk. Namun aromanya yang harum bisa menjadi aroma terapi untuk Anda. Aroma wangi ini akan tercium saat tertiup angin. Pastikan tanaman zodia ditempatkan di lokasi yang terkena sinar matahari langsung dan memiliki sirkulasi udara yang baik agar tanaman tumbuh subur.

2. Lavender. Bunga tanaman ini berwarna ungu. Bunga lavender ini sudah dikenal dan umum dipakai dalam pembuatan lotion pengusir nyamuk. Cara mengusir nyamuk alami dengan bunga lavender iniĀ adalah dengan menggosok-gosokan bunganya pada kulit kita. Aroma Lavender yang tidak disukai nyamuk akan menghindarkan kita dari gigitan nyamuk.

3. Geranium. Geranium mengandung geraniol dan sitronelol yang menyebabkan nyamuk tidak mau mendekat. Cara memanfaatkan tanaman ini adalah dengan ditempatkan di tempat yang terkena tiupan angin, karena aroma geranium yang khas dan tidak disukai nyamuk akan tercium bila daunnya saling bergesekan.

4. Serai. Tanaman yang termasuk bangsa rumput-rumputan ini tidak disukai nyamuk karena adanya zat geraniol dan sitronelal. Ekstrak serai juga telah dimanfaatkan dalam pembuatan lotion pengusir nyamuk dengan aromanya yang khas. Serai bisa ditanam di halaman rumah Anda. Alternatif lainnya, bisa dengan menyemprotkan minyak serai ke keset atau sapu sehingga aroma serai memenuhi ruangan. Selain nyamuk, serangga dan ular juga termasuk hewan yang tidak menyukai aroma serai.

5. Rosemary. Daunnya berbentuk jarum dan memiliki bunga ungu kecil. Dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk dengan menggosok-gosokan daunnya ke kulit. Aroma yang dihasilkan mirip seperti aroma minyak kayu putih. Aroma ini dapat mengacaukan penciuman nyamuk.

Baca juga :
5 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami
4 Cara Mengecilkan Perut Buncit
5 Cara Mudah Menghilangkan Ketombe Cepat dan Alami
5 Cara Mengobati Sariawan Cepat dan Alami