4 Langkah Tidur Lelap Untuk Kualitas Tidur yang Sehat

Mimpi buruk membuat tidur tak nyenyak. Akibatnya, Anda akan merasa lebih lelah ketika bangun dan membut mood untuk beraktivitas menjadi rusak. Selain itu, mimpi buruk yang terjadi setiap hari bisa membuat Anda sulit tidur. Hal ini bisa meningkatkan risiko insomnia, yang jika tak ditangani dengan tepat dapat berujung pada stres dan depresi. Buat kamu yang punya masalah dengan insomia, jangan lupa baca juga Cara mengatasi insomnia akut secara cepat. Padahal menurut pakar, mimpi buruk bisa dicegah. Bagaimana caranya? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 4 langkah tidur nyenyak tanpa mimpi buruk :

tidur nyenyak

tidur nyenyak

1. Jangan makan sebelum tidur

Makan, terutama makan makanan berat, sebelum tidur dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh. Hal ini membuat aktivitas otak, terutama pada saat REM (Rapid Eye Movement) yang akhirnya membuat seseorang mimpi buruk.

2. Matikan televisi

Acara yang ditonton sebelum tidur berkaitan dengan kondisi emosional seseorang. Oleh karena itu, sangat disarankan televisi dimatikan sebelum tidur.

3. Tidur itu menyenangkan

Jika Anda menganggap tidur adalah kegiatan yang membuat stres, frustasi dan tidak bermanfaat, tentu saja hal ini dapat memicu mimpi buruk. Tidur merupakan satu-satunya waktu tubuh untuk beristirahat dan akan lebih bermanfaat jika diasosiasikan dengan kesenangan.

4. Rileksasi

Langsung tidur ketika pulang dari kantor membuat Anda rentan mengalami mimpi buruk. Sangat disarankan agar Anda melakukan rileksasi terlebih dahulu, misalnya dengan membaca buku atau mandi, sebelum merebahkan badan di kasur.

Baca juga : Manfaat buah naga merah untuk kesehatan